22 Jan 2015

How's Father Supposed to be.. ♥

Tiduran. Selimutan. Sendirian.
*halah emang biasanya sama siapa*
Kemarenan sempet denger cerita dari temen-temen cewek tentang orang tuanya. Khususnya Papa-nya sih. Tentang aturan 'aneh' yang diterapin di rumahnya. Tentang sikap Papa nya ke dia atau saudaranya yang lain.
Yang kalau menurut aku....rada aneh aja. Ya mungkin karena Papa ku udah nerapin cara bersikap ke anak-anaknya dengan lebih dewasa kali ya...
Aku cerita ini karena denger cerita ini dari temenku:

1. Temenku ini cewe. Dan punya adek cowo. Kata dia:
"Adekku pulang di atas jam 12 malem. Trs dikunciin pintu sama Bapakku. Kata Bapakku, biar dia cowo tapi dia ga pantes pulang jam segini."
2. Masih temen yg sama.
"Aku sampe rumah ga boleh nonton tv sampe malem. Jam 11 aku masih nonton tv, dimarahin. Disuruh istirahat. Soalnya nanti bisa kecapekan trs sakit. Jadi aku ya gatau berita2 atau acara2 tv."
Baiklah, fyi, temenku ini umurnya 23 tahun. Iya, bukan bocah kok.
3. Temen cewe yang lain. "Papaku bilang dia ga percaya sama aku. Makanya apapun yang aku lakuin, as his rule."
Fyi lagi, temenku umur 25 tahun.
Dannnnn banyak lagi keanehan yg aku dengernya aja udah nge-"Wait, what??"- dalam hati berkali-kali.
Bukan berarti aku ngga nganggep dan ngga ngehargain usaha para Papa-Papa itu lo ya. Bukan sama sekali. Tiap orang tua pasti punya cara yang beda-beda buat ngedidik dan ngajarin anaknya.
Dan kalau ada yang heran kenapa aku heran sama sikap orang tua mereka, ini jawabanku:
Papaku ga pernah ngajarin aku dengan cara strik kaya gitu. Beneran ngga pernah. Papa selalu ngebebasin dan ngasi kepercayaan ke anaknya. Aku atau Dimas, boleh ngelakuin apa aja asal punya tanggung jawab sama yang dilakuin. Jadinya kita juga dengan sendirinya tahu yang mana boleh, yang mana baik, yang mana ngawur, yang mana malu-maluin, yang mana emang harusnya dijalanin. Ya semuanya ngalir gitu aja. Papa pernah bilang "kalau bukan orang tua yang mau percaya sama anaknya, siapa lagi?"
Naaahhh bener tuh, pa! *tosss*
Dilarang nonton tv sampe malem? Ga pernaaaaahh. Aku dr bocah 17tahun doyan begadangin bola. Mana bisa tidur cepet. Apalagi kalo pas Liga Champion, bisa jam 4 baru tidur, teriak2 nonton bola :))
Dilarang pulang malem banget? Iya lah. Tapi papa ga pernah pake omongan "ga boleh". Cuma aku tahu diri aja. Kalau jelas nonton konser yaaaa....mau ga mau pasti pulang malem kan. Ya ga diomelin kalau itu...
Tapi yg namanya Papa kadang ya tetep Papa ya. Nungguin anaknya pulang sambil nonton tv di ruang tamu :"))
Tapi itu kan karena aku cewe. Ya wajaaarrr.
Kalau sama Dimas? Papa ga gitu. Dimas ga suka pulang malem, sukanya pulang pagi :)) Dimarahin? Ngga. Orang Dimasnya jelas lagi dimana dan ama siapa aja. Ya itu tadi, karena Papa udah percaya sama kita.
Aku dilarang pacaran ga dulu? Ngga pernaaaahh. Hahaha. Ngga pernah dikasitau buat "jangan pacaran ya". Ya jadinya santai pacaran terus dikenalin ke rumah, cerita ke Mama, ya santai. Tapi aku tahu diri, biar pacaran, trus ada masalah ini itu, sekolah/kuliahnya tetep keurus dan nilainya ya tetep standar di atas rata-rata.
Aku dibolehin pergi ke Singapore, jalan-jalan ke luar Bali sama temen-temen, sama pacar, ya asal jaga diri aja.
Papa gitu.
You can do what you want. Anything. Tapi inget tanggung jawab sendiri kalau ada apa-apa.
Udah. Gitu doang. Dan semuanya papa kasitau ke kita tanpa lewat omongan. Kita sadar sendiri. Tahu sendiri.
Tanpa dikasitau kalau Papa bebasin, kita tahu Papa ngebebasin kita.
Jadi bawaannya aku sama Dimas ya gini. Lebih bebas. Tapi tetep tahu diri harus gimana nempatin diri di depan orang.
Papa ga pernah ngelarang aku ngeluarin pendapat. Kalau ada apa-apa yg aku rasa agak ga sreg, ya bilang. Plus alasan-alasannya. Dengan kekuatan bulan *halah*...Papa pasti setuju sama anaknya kalau alasannya jelas.
Contohnya? Aku yg pas mau kuliah, ngelawan jurusan pilihan Papa dan nekat masuk Jurusan yg bukan pilihan Papa. Hasilnya? Aku cumlaude (ciyee) dan dapet kerjaan yang bagus.
See?
Aku sama Dimas baik-baik aja kan?
Sampai sekarang aku 24 tahun dan Dimas hampir 20 tahun, Papa tetep ngasih kepercayaannya. Dan kita tetep jadi anak yang bebas, santai, hepi tapi ngerti batasan, tanggung jawab, dan tahu diri. Khawatir sih pasti ya kadang-kadang. Tapi itu pasti kalau anaknya udah rada ga kaya biasanya.
Masing-masing Ayah pasti caranya beda-beda buat ngajarin anaknya. Apapun caranya itu semua karena mereka sayang sama kita, anaknya.
Dan aku, Dimas, Andien emang beruntung karena dapet Papa yang asik banget cara ngedidiknya.
Nanti, kalau aku punya anak...
Aku mau ngedidik dia kaya Papa ngedidik aku dan adek2ku.
Simple. Fun. Dan bikin anak belajar sendiri dari hidupnya. Bikin anak belajar ngambil keputusan karena nalurinya yang bilang itu bener atau itu salah. Bukan karena takut sama orang tua atau terlalu tunduk sama rule yang ga logic.
Terima kasih Papa.
Karena cara ngedidik kaya gitu, bikin aku bersyukur ga pernah ngerasain hal-hal aneh yg dirasain anak-anak lain.
Huaaaahhhh
Panjang!
But i love it!
PS : kalau papa baca, pasti GR. Besok kirim link ini ke emailnya ah :))

2 komentar:

  1. Often I get a lesson from reading your story... I hope to be a good Father someday.. nice story nda.. :)

    BalasHapus
  2. Yay. Glad to hear that! Thankyou yah ^^

    BalasHapus

 
imacokladh Blogger Template by Ipietoon Blogger Template