3 Des 2016

Salary-oriented?

Helloooo selamat malam mingguuuu~

Setelah beberapa hari, bahkan beberapa minggu, eh, beberapa bulan ini mengalami masa-masa kesel tapi ga bisa ngapa-ngapain tapi sumpah pengen nyiyirin tapi ga tega tapi emosi tapi ya apadaya aku bukan siapa-siapa buat ngingetin.

Sudah bingung?
Baiklah.
Aku juga bingung :))

Oke, ini bukan bagian dari nyinyir ya. Ini cuma uneg-uneg yang pengen aku sampein ke orangnya tapi ngga tega, jadi ditulis di sini aja. Ngga maksud buat sombong, atau ngerasa aku lebih baik, ini cuma opini ku sendiri aja :)
Aku baca di sosial media, seseorang ini ngeluh mulu, hidupnya kayanya sedih mulu, selalu berpegang teguh (cuma) sama doa, tapi di kenyataan, ga pernah ada effort apa-apa buat capai apa yang dia mau. Cuma mau leyeh-leyeh, ga pengen kerja berat, tapi pengennya ini itu, dan ketika keinginannya atau masalahnya dateng, yang dilakuin: update status sedih. 
Sama, aku juga sedih bacanya. 
Wong ga mau ngapa-ngapain kok minta ini itu.... 

Trus ada yang bilang "kamu enak sih ya, udah kerja, kerjanya enak lagi, gajinya lumayan..enak banget hidupnya.."

Oke.
Kata-kata itu bikin aku geregetan buat nulis ini. *thank to you, aku jadi ada bahan nulis blog*

Pertama, mamapapaku nyekolahin aku tinggi-tinggi, walopun baru sampai S1, itu pasti karena pengen anaknya bisa sukses. Dan ga ada 1 anak pun yang pengen ngecewain orang tuanya. Minimal, ini jadi modal awalku buat ngga sia-siain hidup dengan ngeluh doang.

Kedua, aku kerja juga ga langsung mulus di awal. Aku, cewe, tanggung jawabnya di sistem, di IT. Capek, pusing, di bawah tekanan. Belum lagi ada 1 orang psikopat yang selalu bikin aku nangis hampir tiap hari tiap pulang kerja, bikin aku pengen resign dari kantor, dan bagian terburuknya adalah pas masuk kerja aku gantiin posisi dia, jadi mau ga mau harus banyak koordinasi dari si psikopat.
Terus aku ngeluh? Aku resign dari kantor? Engga. 
Aku bertahan, karena aku tahu, masih banyak yang bisa aku pelajarin. Aku tahu, aku harus bisa ngejar apa yang aku ngga tahu, sampai aku paling ngga bisa ngerti bisnis proses dan basic thinking sistemnya, biar ga bergantung sama si psikopat.
Berhasil? Bisa aku bilang, iya. Setidaknya aku tahu apa yang harus aku lakuin kalo sistem kenapa-kenapa. 
Terus si psikopat berhenti gangguin aku? Engga. Malah makin menjadi-jadi. Aku hampir stress. Mamapapa sampai worried parah. 
Aku resign? Engga. Aku maju terus, disupport sama temen-temen yang super baik..
.
Sampai di suatu waktu, si psikopat dipindahkan ke luar kota. Repeat. Si psikopat pindah ke luar kota, luar pulau. Artinya? Yup. Udah ngga ada yang gangguin aku. See? Rencana Tuhan memang indah pada waktunya :)

Ketiga, apa aku kerja santai-santai setelah si psikopat pergi? Ngga juga.
Justru karena aku sendirian, semuaaaaa sistem di kantor jadi tanggung jawabku. Jadi makin sibuk.
Terus aku nyerah? Aku ngomel-ngomel di sosmed? Aku resign? Engga. Justru ini kesempatanku buat nunjukin kalo aku bisa, kalo aku emang kompeten.

Keempat, Alhamdulillah aku ditawarin kesempatan untuk jadi spv, di bagian marketing riset, which is bener-bener baru buat aku. Aku terima tawarannya. 
Kenapa? Kan malah sibuk kan malah repot? 
Karena aku tahu, makin banyak yang aku kerjain, makin banyak aku belajar. Oh, dan ini bagian paling aku seneng kerja di perusahaan yang sekarang: dapet ilmu yang banyak, disuruh belajar, tapi digaji juga. Asik banget kan :D
Habis terima tawaran jadi spv, ngga ujug-ujug jabatan langsung berubah, trus ujug-ujug gaji naik juga lho ya. Prosesnya panjaaaaang :)))) 
Tiga bulan probation dulu, trus tiga bulan acting, trus tes interview dulu, kalau lulus baru sah jadi spv. Itu kurang lebih 1 tahunan :'))
Ya selama 1 tahun itu udah ngerjain kerjaan riset, dan jangan lupa masih megang sistem juga, soalnya belum ada yang gantiin :)))) kasarnya, kerjaan dobel, tapi gaji masih jabatan lama :)) trus aku sedih? aku nyerah? aku minta resign? aku ngeluh ngomel-ngomel? Engga. Wolesss ajaaa..orang diajak belajar kok, udah untung ada kesempata kan yaaa hehehe
Nah setelah 1 tahun itu, baru deh SAH jadi spv..Alhamdulillah.

Kelima, butuh waktu kurang lebih 8 bulan buat cari penggantinya aku buat pegang sistem. Jadi selama itu ya aku tetep ngerjain dua-duanya. Pulang jadi lebih malem. Kerjaan jadi lebih banyak.
Aku ngeluh ke orang tuaku? Engga. Aku ngomel-ngomel ke sosmed? Engga. Aku resign? YA ENGGALAH :)))))

Keenam, Alhamdulillah akhirnya ada karyawan baru yang pegang sistem. Terus aku leha-leha? YA ENGGALAH :)))) Justru karena udah tinggal pegang riset, tantangan dari atasan makin banyaakkk, yang dianalisa makin banyakkk, kerjaan makin advance :')) Aku sedih? Aku ngeluh-ngeluh di sosmed? Aku rewel ke mamapapa? Aku ngeluh ke Dani? Engga. 
Aku malah terharu. Banyak banget yg aku pelajarin. Banyak banget hal baru. Sampai sekarang pun masih banyaaakkk banget yang harus aku pelajarin. Sampai direkomendasiin beli buku Statistik sama atasan :')) Sampe aku rasanya pengen kuliah lagi, beneran. Tapi yaaaaa...kayanya waktunya belum bisa fleksibel hehehe
Dan sampai sekarang, udah 4.5 tahun aku kerja di perusahaan ini ^^

Sudah enam cerita singkat pasang surut ini itu yang aku jalanin. Aku, sekali lagi, bukannya mau sombong, aku cuma mau sharing. Ini yang aku alamin. Semua orang pasti punya pasang surutnya masing-masing. Semua orang pasti pernah di titik lelah. Bedanya ada di cara masing-masing orang ngejalaninnya. Ada yang maju terus, usaha terus, sampai dapetin apa yang dia mau. Ada yang mutusin untuk berenti usaha, ga ada effortnya, tapi kerjaannya ngeluh mulu. Ada.

Semoga kita bukan termasuk golongan orang yang kedua ya :p

Mungkin masih ada yang bilang, aku termasuk orang yang beruntung. Masih ada orang tua yang nemenin dan kuliahin, masih ada saudara, punya pacar yang support, ada temen-temen yang baik hati. Iya, aku emang beruntung. 
Tapi tunggu dulu, banyak temenku, yang justru kerja sambil kuliah. Yang ngerasa harus ngembangin diri. Yang ga berhenti cuma sampai lulusan SMA trus dapet kerja, tapi pengen lebih. Nyusahin orang tua? Engga. Mereka tahu diri dengan bayar kuliah dari hasil kerja. Dan lulus dengan hasil yang memuaskan. Dan tetep bisa kerja. Aku selalu salut sama mereka yang bisa bagi waktu antara kuliah dan kerja ^^

Aku nulis ini, biar seengganya, kalau ada yang kerjaannya cuma ngeluh, sedih, berasa punya masalah paling berat di dunia ini, mbokya sadar. Mbokya usaha. Mbokya kerja. 
Kerja minta yang ngga sibuk, yang ngga cape, yang bisa seenaknya, tapi gaji jalan terus.
Pas dapet masalah dikit di kerjaan, resign. Trus jadi berasa hidupnya paling sedih. 
Terus pas udah dapet kerja, minta yang kerjaannya enak-enak. Yawlaaaaa kalau ada potensi dan MAU BELAJAR pasti dapet kerjaan yang sesuai kok. Kalau ngga ada potensi dan males buat belajar ya jangan salahin orang ngasih kerjaan itu-itu ae.
Abis itu ngeluh. Resign lagi.
Looping forever.

Mungkin, mungkin ya, ini opiniku aja. Seharusnya tiap orang yang kerja itu, mindsetnya berubah, dari money-oriented ke knowledge-oriented. 
Harusnya bukan "berapa gede gaji yang gue dapet" sebagai tolak ukur pertama, tapi "ilmu apa aja yang bisa gua ambil" , kecuali udah ngerasa hebat banget, udah punya pengalaman puluhan tahun, dan emang mau ngincer CEO sih yaaaa beda lagi ya :))) 
Asal dapet banyak ilmu, gaji itu bonus Tuhan sih menurutku, hehe 
Bukannya munafik ya, tapi perusahaan jaman sekarang pasti punya grading dan cara nilai tersendiri lah buat masing-masing golongan karyawannya. Jadi ya terima-terima aja..
Plus bonus lagi, dapet kenalan banyak relasi. Relasi beneran lo ya, bukan "temen" yang cuma ngajakin nongkrong-nongkrong di cafe doang, tapi ga ada manfaatnya selain buat check in di Path *loh

Sekian curhatan malem minggu. Semoga ngga ada yang baper ya abis baca ini. Aku ga bermaksud sok pinter sok bener kok. Cuma rasanya geregetan aja, sama yang ga punya effort, tapi ngeluh mulu, hehehe...

Salam,
Imadu -masih karyawan biasa-

0 komentar:

Posting Komentar

 
imacokladh Blogger Template by Ipietoon Blogger Template