15 Jan 2014

Bahagia itu kita yang ciptain

Beberapa hari ini aku banyak banget dapet undangan nikahan. Iya, yang nikah temen-temen sebayaku. 

Seumuran.
Seangkatan.

Pertanyaan selanjutnya, yang bakal kalian denger (udah deh, jangan bilang ngga):
"Kapan nyusul?"
Yaelaaah~~
*langsung tari monster laut kaya Phi*
Oke, skip.
Bukan itu sih sebenernya yang mau dibahas.

Gegara sering ada nikahan kaya gitu, aku jadi iseng mikir: gimana ya cara Tuhan nyiapin jodoh, nyiapin jalan buat ketemu jodoh, nyiapin cara buat yakin kalo itu jodoh, nyiapin semuanya sampai kita ngejalanin fase yang namanya: nikah. Kelar urusan.

 

Pernah ngga sih kebayang tanggung jawab macem apa yang bakal dijalanin waktu udah nikah?
Eeeeeee aku belum :)))
Ngurus diri sendiri aja suka kelimpungan. Gimana ngurus rumah sendiri.
Latihan ngurus anak versi Imadu: ngerawat Rin Taro. *halah :)))

Pasti kalian sering mikir, minimal ngebayangin, gimana hidup kalo udah ga single lagi.
Eeee harusnya sih ga nyeremin ya.
Aku ngeliat temen-temenku kayanya makin bahagia sejahtera gitu.
Yap.. sebenernya ga ada yang pernah tahu sih bakal kaya gimana nanti seseorang di satu titik.
Sampai mana pencapaian seseorang, batas kebahagiaan, batas kemampuan dia ciptain apa yang dia mau.
Wait. Ciptain yang dimau?

Iya.
Aku percaya 1 hal: kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptain. We create our own happiness.
Jadi sebenernya ga ada orang yang kebahagiaannya digantungin ke orang lain.
Atau gini, paling sering kejadian adalah seseorang ngerasa dirinya bahagia karena seseorang yang dia sayang. Yang selalu sama-sama ama dia.
Padahal, orang yang dia sayang selalu ada terus buat dia karena apa? Karena pribadi kita nya. Karena kita eee...bilang lah nyenengnin, atau ngangenin, atau punya kualitas yang baik, yang bikin orang seneng di deket kita.
NAH, jadi sebenernya diri kita sendiri yang nyiptain pribadi itu dan bikin kita dapetin kebahagiaan-kebahagian yang kita mau.
Kalau kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptain, kita ga bakal susah buat ketawa, buat seneng-seneng, buat ngelakuin semua yang kita mau. Beneran!
Aku ngomong gini karena aku udah berhasil ciptain kebahagiaanku sendiri?
Yap!
Aku emang ga tahu batas kebahagiaan itu kaya gimana, sampai kapan, dalam kondisi gimana, aku ga tau.
Dan ga ada yang pernah tahu gimana ngerasaain kebahagiaan yang mentok.
*semoga ga ada kebahagiaan yang mentok yaa. nambaaaah nambaah terus bahagianya. amin!

Aku baru nyadarin beberapa hal akhir-akhir ini. Dan eeeee...iya, aku kaget.
Aku kaget sama apa yang aku rasain sendiri.
Aku cerita buat contoh ke kalian yaa...biar percaya kalau kebahagian diri kita, bukan karena orang lain.

Pertama, dari dulu aku pengen banget sesuatu ini terjadi. Di kerjaan.
Aku selalu kesel, eneg, marah, nangis, jengkel gara-gara satu hal ini. Dan aku pengen ini pergi jauh-jauh dari aku.
Aku mikir, kalau hal itu pergi aku bakal bahagia dan tentram damai seneeeeng banget.
Itu pikiranku.
Ini dia kekuatan Tuhan, dikabulin deh beneran pergi itu satu hal.
Dan kalian tahu?
Aku ga sebahagia yang aku bayangin.
Pernah ga sih, kalian nyari-nyari feeling yang ada di dalem diri kalian sendiri?
Nah, aku sempet kaya gitu. Aku kaya....'udah? gini doang rasanya?'
Flat. Biasa aja.
Aku ga bahagia-bahagia banget. Aku santai. Flat banget.

Contoh kedua,
Kemaren apa yang jadi keinginanku selama.....*dari kelas 3 SMA sampe sekarang berapa tahun sih?*
6 tahun!
Selama 6 tahun aku nungguin moment ini...
Nah, pas kemarin ketemu di Bali ini (bocoran momentnya dikit-dikit aja yaaaa :p), aku.....seneng sih.
Tapi jadi...biasa aja. Ya cuma seneng. Bukan yang bahagiaaaaaaaa banget.

Dari 2 kejadian yang baruuuu aja aku alamin, aku baru mikir lagi. Aku baru ngerenungin lagi.
Bahagia itu datengnya ga bisa diprediksi.
Kita pikir kita bakal bahagia kalau ini itu bla bla bla..tapi pas kejadian, feeling kita bisa ga sesuai ekspektasi.
Kita malah 'nyari' mana bahagianya? Malah nanya ke diri sendiri, 'harusnya hepi berlebihan dong?'
Sebaliknya, waktu kita mikir sesuatu hal itu mungkin biasa aja atau bukan sesuatu yang bisa bikin dada kita ngebuncah saking senengnya, justru waktu hal itu kejadian, kita malah hepiiiiii banget.
Dan aku udah tahu, selain diriku sendiri, sumber kebahagianku itu simple dan paling deket: Keluarga dan patjar.

Walopun sekarang udah jarang ketemu keluarga, ketemu mama papa dimas andien, tapi hal simple bareng mereka itu bisa bikin dada ini sesek saking senengnya.
Contohnya aja, waktu aku beliin dimas PS3, buat aku simple. Tapi pas liat dimas sumringah trus bilang makasih berkali-kali ke aku, rasanya.....aku ada gunanya sebagai kakak. Hehehe
Trus, pas kemarin andien bilang 'mbak imaaa...andien dapet juara lo semua lombanya', itu..yang hepi banget pasti andien. Tapi aku juga seneng, seneng banget!
Pas mama bilang: 'mama ga mau kado apa-apa mbak, udah banyak banget dikasihnya sama kamu.', sementara aku ngerasa ngga segitu banyaknya ngasi hadiah, itu.......priceless banget!
Atau pas papa pagi-pagi nyiapin motorku buat berangkat kerja, atau pas papa mau masakin cuma buat aku...itu bahagia :)
Hal paling deket. Hal paling simple. Tapi nyiptain percikan-percikan tawa & kebahagiaan yang sebenernya.

Kalau patjar, ntah lah mesti bilang apa lagi tentang dia.
Aku ngerasa bisa nyiptain kebahagianku, kebahagian dia, kebahagiaan kami, yang Tuhan titipin lewat dia.
Waktu aku ngerasa aku mau serius sama dia, bukan dia yang harus aku utak-atik, tapi aku yang harus benerin diriku sendiri, biar pantes buat dia.
Hasilnya? Aku jadi pribadi yang lebih baik, dari penampilan *semoga ini bener* dan cara mikir.
Aku ngelakuin itu ke diriku sendiri, dan seneng sama diriku sendiri.
Banyak hal lah yang bikin aku selalu senyum selalu ketawa selalu pengen bareng-bareng terus sama dia.
*amin*

See?
Bahagia itu ga riweuh. Bahagia itu kita yang nyiptain.
Ga perlu jauh-jauh nyari, bahagia itu secara ga sadar ada di sekitar kita.
Hal terdekat, hal sederhana, semuanya kalau kita mau, adalah hal paling bahagia...kalau kita bersyukur :)
Aku seneng banget akhirnya bisa nulisin semua ini di sini. Dari beberapa hari ini muter-muter mulu di otak.

Kaya kata aku tadi, kita ga ada yang pernah tahu dimana & kapan batasan bahagia.
Emmm aku malah ga yakin kalau bahagia ada batasnya.
Jadi...coba mulai ciptain bahagia-bahagia kita sendiri. Hal-hal simple yang bisa bikin kita senyum.
Oiya, satu lagi. Coba lah buat bikin orang lain bahagia, kalau kita mau ngerasain bahagia yang sebenernya.
Contohnya? Selain cerita ku tadi, mungkin bsia contoh waktu kita sisihin uang buat ngasih ke anak yatim piatu, ke panti jompo, dan ngeliat muka mereka seneng....hhhhmmmmmmm percaya sama aku, kita yang ngasih justru kita yang bahagia.
Atau hal simple kaya: ucapin selamat pagi ke OB kantor. Trus senyum ke orang yang kita temuin.
Aura positif nya pasti bedaaaa. Trus bahagia deh.

Tuh kan.
Ini aja aku nulis gini senyum-senyum sendiri. Rasanya enakkk banget. Nyenengin.
Aku udah nyiptain 1 hal lagi yang bisa bikin aku bahagia: nulis :)

Yagitu, seseorang ga bakal pernah tahu apa yang terjadi sama dia. Seseorang kadang ga kebayang kalau dia bisa sampai ada di titik tertentu.
Apa sih yang bisa kita lakuin?
Nyiptain kebahagiaan, jalanin hidup ini, fokus sama tujuan-tujuan kita, berbagi hal baik ke orang lain, sayangin apa yang sudah dimiliki, dan inget..masa depan yang baik adalah hasil dari kerja keras yang baik

HAAAAAAAHHH...
AKU BISA NGOMONG GITUUUU...HOREEE :))))

Fyuh..
Panjang juga postingannya. Setelah sekian lama ngga ngomongin hal serius. Hehehehe
Entah lah, mungkin aku tipe cewe yang terlalu mikir hal ke depannya.
Iya, aku kalo mikir kadang kejauhan, sampe-sampe udah punya tabungan buat anakku nanti.
*ini hal baik apa hal ngarep sik?* hahahahaha
yaaaaaaaa kan ga ada yang tahu kan ya masa depan gimana. mumpung kita masih muda dan mampu, ya lakuin apa yang bisa dilakuin buat masa depan. memulai lebih awal ga ada salahnya kan? :D

Aku percaya sama kekuatan pikiran, kekuatan omongan itu doa, kekuatan mimpi, keinginan seseorang itu pasti bisa kejadian. Tuhan itu Maha Asik. Ga ada yang pernah tahu kapan Dia tiba-tiba kabulin apa yang kamu omongin.
Dari dulu, aku selalu bilang kalo aku mau nikah umur 25. Embuh nikah sama siapa..dulu bahkan pas ga punya pacar, setaun lalu ditanyain pas ga punya pacar, 2 tahun lalu ditanyain pas ga punya pacar, juga jawabannya sama: 25. *Phi jadi saksi hidup* HAHAHAHA
Yaaaaaa...aku sih ga nargetin apa-apa, cuma ya itu, aku suka ngomongin sesuatu hal yang bakal terjadi di masa depanku. Dan aku konsisten. Dari jaman kapan juga kalo ditanyain jawabannya sama: 25tahun.

Aku dulu selalu nempelin di dinding kamar: Bisa kuliah di ilkom. IP bisa di atas 3,5!
Dan.....kejadian :)))
Aku dulu selalu bilang: aku abis kuliah harus dapet kerjaan tetap, bisa beliin keluarga barang2, bisa nabung buat anakku, bisa nyekolahin andien, baru mikirin yang serius buat aku sendiri.
Dan...eee....semuanya udah! Udah banget tercapai.
Omongan itu doa, guys.
Pikiran kita itu sugesti buat kita dapetin apa yang kita mau.

Fyuh.
Panjaaaaaaaanggg.
Semoga ga bosen ya bacanya.
Semoga kali ini dapetin sesuatu abis baca ini..
ditunggu komennya..hehehe


Okeeee..
Ima nya mau mandi duluu..
Selamat menggantungkan cita-cita,
Selamat mengejar mimpi,
Selamat menciptakan kebahagian.

See ya :*

PS: Paragraf pembuka sama isinya ga nyambung ya? Maap ye :))

0 komentar:

Posting Komentar

 
imacokladh Blogger Template by Ipietoon Blogger Template