11 Des 2011

ICE CREAM MADNESS: DAY 1

nah! ini nih serunya kuliah kewirausahaan bareng bu Cahya.

sebelum kita share gimana serunya ICE CREAM MADNESS pagi tadi, mau ngasih tahu kalo ini adalah salah satu prakteknya mahasiswa ilmu komputer. jadi ngga cuma jago presentasi, jago materi, tapi juga buktiin, praktekin kalo bisa berwirausaha *baca: jualan* :D



Oke! sampai akhirnya kita mutusin buat jualan es krim! es krim buatan oka & bapaknya. (thanks to: bapaknya oka). es krimnya dari santan trus ada nangkanya. kita kasih susu coklat juga biar lebih berasa es krimnya *ngga tau sih ngaruh atau ngga*

jadi yang kita siapin itu, cup plastik, sendok plastik, meja buat tempat jualan, dan mental yang oke buat promosiin ke orang-orang.



*ini nih es krim enak*


hari ini, weekend, sabtu 10 Desember 2011! gebrakan banget ya kayanya mahasiswa jualan es krim di depan sekolahan.

info buat hari ini:

tempat jualan: depan SD 7 Benoa, di daerah pasar central, nusa dua.

waktu: jam 09.10-11.00. lumayan lama, nungguin anak-anak SD pulang sekolah.

person in charge: risma, oka gartria, hardi, budi rinanta.

produk: es krim rasa nangka

harga: Rp 1000/pcs


start jam 09.10, mulai dari nempatin meja di motor, nempatin es krim di cup-cup plastik, dan akhirnya bingung gimana caranya ngajakin orang-orang sekitar situ buat beli es krim kita.

target utama kita ya anak-anak sekolahan, makanya dijualnya harga standar, 1000 rupiah. hari ini kita anggep hari percobaan, karena hari pertama jualan.

10 menit pertama, bingung mesti gimana buat promosiin es krimnya. mau teriak-teriak, malu. *jujur banget*

eehhh 10 menit berikutnya malah jadi PD banget! nawarin kesana sini, setiap orang lewat, teriak-teriak, sampai nawarin banyak tagline buat narik pembeli.


pembeli pertama adalaaah~

bapak-bapak yang lagi olahraga. langsung beli 3 cup! hooraay! berhubung yang jualan mahasiswa, jadilah kita diajakin ngobrol tentang teknologi, dan sebagainya. tapi hepii :)

satu per satu pembeli mulai dateng. ada yang sekali beli cuma 1 cup ampe ada yang beli 5 cup sekaligus!

ada yang cuma lewat, ngeliatin kita tapi ngga beli. ada yang cuma nanya-nanya aja tapi ngga beli.

teknik bikin orang-orang situ tertarik juga macem-macem. sesuai target yang diincer.

target orang tua: ngomongnya pelan-pelan. jelasin kita jualan apa dan coba jawab semua pertanyaan dari mereka. sampai ada nih, mas-mas yang jualan bakso, ikutan beli es krim!! sebelumnya sih dia bilang "beli pentol saya ya, nanti saya beli es krimnya" eehhh tapi akhirnya mas itu tetep beli es krim walopun kita ngga beli baksonya. makasiiii :)


*mas yang jualan bakso*


target anak smp: ini nih. rada susah. sampai akhirnya kita keluarin tagline "beli es krim, gratis foto! nanti fotonya muncul di facebook, twitter, sama website kita!" wiihhh~

target anak sd: ini masih agak gampang. anak2 SD rata-rata pasti ngikutin temennya. kalau ada satu yang beli, temen-temennya yang lain juga pada ikutan! seruuu.




sampai-sampai tadi ada anak yang rumahnya deket situ, bolak balik 3 kali beli es krim. pas ditanyain kenapa ngga sekalian aja tadi belinya? eh dia jawab "iya, neneknya tadi nyoba. katanya enak. disuruh beli lagi."

wohooooo~

target market yang tadinya cuma anak SD, sekarang berubah! dari anak SD sampai nenek-nenek juga pada sukaa!


ngomong-ngomong jualan, target kita cuma laku 30 cup eehhh akhirnya laku 50 cup! terbilang sukses lah ya buat 4 mahasiswa yang baru pertama kali jualan di pinggir jalan ini :D

banyak banget pelajaran dari praktek jualan hari ini.

yang pertama, jualan itu ngga gampang. narik perhatian orang buat percaya dan mau beli produk kita, itu susah. tapi bukan berarti ngga bisa :)

yang kedua, nyari uang itu susah. ini mutlak. dan makasi banget ada kesempatan buat jualan kaya gini. tahu deh rasanya nyari uang yang beneran.

yang ketiga, mental buat jualan, ngga sama kaya mental buat presentasi. ini subjektif sih. karena kita harus teriak-teriak dan narik perhatian calon pembeli, yaaahh jadi harus bener-bener siap mental. ngga boleh malu, apalagi malu-maluin!

yang keempat, semua hal sebelum jualan, harus bener-bener disiapin. hari ini kita akuin kalo persiapan belum semateng yang seharusnya. kita masih kelabakan buat nglayanin pembeli pas lagi rame banget, kita lupa buat beli tas plastik buat pembeli yang beli banyak dan mau dibungkus, dan kita kurang siapin tulisan buat ngasih tanda usaha kita.


overall, hari ini seru. rame.

makasi banyaak bangeeett buat bapak, ibu, nenek, adik-adik SD, SMP, mas-mas jualan bakso, pokoknya semuanya yang udah ngobrol ama kita, yang udah beli es krim, yang udah ngasih senyum aja ke kita, makasi semuanya!


semoga ICE CREAM MADNESS hari-hari selanjutnya lebih sukses.

amiinnn

see yaaa :)

2 komentar:

 
imacokladh Blogger Template by Ipietoon Blogger Template